Rab. Okt 27th, 2021

Kapolda Jateng Hadiri Kegiatan Halaqah Ulama, Di Hotel Laras Asri Salatiga

Polres Salatiga – Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Haryono SE MSi mendampingi Kapolda Jateng Drs Condro Kirono SH MM yang menjadi Narasumber pada kegiatan Halaqah Ulama dengan tema “ Menjaga Jawa Tengah Tetap Kondusif Jelang dan Pasca Pemilu 2019 “ di yang diprakarsasi oleh Badan Kesbangpol Propinsi Jateng bekerjasama dengan MUI Jateng, di Hotel Laras Asri Kota Salatiga, pada hari Kamis tanggal 11/04/2019.

Selain Kapolda Jateng hadir dalam kegiatan tersebut Pangdam IV /Dip Mayjen TNI M Efendi, Ketua MUI Jateng Dr. KH. Ahmad Darodji, M.Si, Danrem 073/MKT Kol Arm Moch Erwansjah S.IP, M.Hum, Dandim 0714/ Salatiga Letkol Inf. Prayogha Erawan, Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, SE, M. Si, Drs. H. Ali Mufiz M.P.A Ketua Dewan Pertimbangan MUI Jawa Tengah, Drs. H. Ali Mufiz, M.P.A Ketua Dewan Pertimbangan MUI Jawa Tengah, Prof. Dr. H. Noor Ahmad, M.A (Sekretaris Dewan Pertimbangan MUI Pusat), ( Ketua Bawaslu Jawa Tengah) Drs. H. Multazam Ahmad, M.Pd, Prof. Dr. H. Ahmad Rofiq, M.A, Perwakilan dari MUI dan Organisasi Islam se Jateng.

Kegiatan dibuka oleh Ketua MUI Jateng KH Dr Ahmad Darodji M.Si sekaligus menyampaikan sambutannya dengan mengucapkan selamat datang kepada Pangdam IV/Dip dan Kapolda Jateng yang telah datang di acara Halaqoh Ulama dengan Tema Menjaga Jawa Tengah Tetap Kondusif Jelang & Pasca Pemilu 2019, Para Kyai ini biasanya yang utama itu rahmatan lil alamin jadi di dalam kata rahmatan tidak ada kemarahan Rahmatan lil alamin yaitu kasih sayang mulai dengan bismillah tidak ada kemarahan mengakhirinya Alhamdulillah dengan bahagia, kita nanti sama-sama menjaga demokrasi boleh berbeda-beda pilihan tetapi jangan sampai pecah, besok kita Kotbah hari jumat yang akan menyejukkan, sambutnya

Dalam materinya Irjen Pol Drs Condro Kirono SH MM menyampaikan beberapa poinnya yaitu peta kerawanan pemilu 2019 di wilayah Jateng, Solo termasuk daerah yang rawan sehingga untuk pengamanan kita perkuat, Ploting personil BKO tahap pungut suara pemilu 2019, total Personil BKO dari Sabhara 215 Personil, Brimob 795 Personil, Staf 1.576 Personil, Pada tanggal 14 s.d 16 April 2019 kita memasuki masa tenang, situasi di Jawa tenang kondusif tetapi yang ramai itu di Medsos. Kegiatan ini salah satu cooling sistem atau mendinginkan suasana karena nanti akan di sampaikan ke bawah. Rencana tanggal 12 April 2019, pukul 19.30 WIB, bertempat di Simpang Lima Kota Semarang, akan dilaksanakan Isra Mi’raj dan Doa bersama yang akan dihadiri oleh TNI, Polri, Para Kyai, Ulama, dan Masyarakat untuk Pemilu damai. Adapun kerawanan tahap masa tenang pemilu 2019 meliputi serangan fajar, konflik alat peraga kampanye, pemilih yang belum terdaftar, adanya surat suara yang rusak dll, dan langkah-langkah ikrar Netralitas TNI,Polri dan ASN, Kita dari polri juga melaksanakan Apel 3 pilar untuk menjaga kondusifitas, papar Irjel Pol Drs Condro Kirono SH MM.

Dilanjutkan sambutan dari Pangdam IV/Dip Mayjen TNI M Effendi menyampaikan bahwa kita sudah melaksanakan latihan simulasi Pemilu 2019, itu dimulai dari kemampuan perorangan untuk membantu kepolisian kita benar-benar latihan Sispamkota. TNI dan Polri tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan komponen masyarakat, perkembangan teknologi informasi adanya bahasa Hoax, masyarakat itu bangga kalau tahu lebih dahulu terus di lempar di Medsos, jelas Mayjen TNI M Efendi diponegoro

Acara dilanjutkan dengan penandatangan tausiah kebangsaan yang diikuti oleh seluruh peserta sebagai wujud komintmennya termasuk juga Kapolda Jateng dan Pangdam IV Diponegoro turut mengambil bagian dengan membubuhkan tanda tangan.

Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Haryono SE MSi dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan Halaqah Ulama dengan tema “ Menjaga Jawa Tengah Tetap Kondusif Jelang dan Pasca Pemilu 2019 di Kota Salatiga dan seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar aman dan kondusif, tegas Kapolres.

(Humas Polres Salatiga Polda Jateng)