Ming. Okt 24th, 2021

MPLS, SMK Diponegoro Bersama Polres Salatiga Selenggarakan Pendidikan Etika Bermedia Sosial

Polres Salatiga Cyber News, Polda Jateng – Dalam rangka siap menghadapi globalisasi dan revolusi industri 4.0, SMK Diponegoro Salatiga, menyelenggarakan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ) bagi siswa didik barunya dengan menggandeng Polres Salatiga dalam kegiatan “Pendidikan Etika Dalam Bermedia Sosial” pada hari Selasa tanggal 16/09/2019

Dalam materinya Aiptu Sutopo yang menjabat sebagain Paur Subbag Humas Polres Salatiga menyampaikan bahwa diera sekarang ini internet merupakan bagian dari sebagian besar masyarakat Indonesia tidak terkecuali kalangan pelajar dalam memperoleh atau menyebarkan informasi.

Dengan berbagai kemudahan tersebut tentunya akan membawa dampak yang tidak hanya kearah kebaikan namun juga bisa kearah melanggar hukum dan terjerat UU IT Tahun 2016, hal ini harus disadari bersama sehingga perlunya beretika dalam menggunakan media sosial.

Banyak sudah kasus pelanggaran UU IT sehingga diharapkan dengan memahami etika dalam bermedia sosial dapat seminim mungkin terjadi pelanggaran khususnya dikalangan pelajar, untuk itu beberapa hal yang harus diperhatikan dalam bermedia sosial yaitu, cek kebenaran suatu berita (saring sebelum sharing) hindari betul penyebarluasan berita yang mengandung unsur SARA (Suku, Ras dan Agama), Pornografi dan Kekerasan, selain itu agar tidak mengumbar informasi pribadi ke Media Sosial, penekanan Aiptu Sutopo.

Satu hal yang perlu dicatat dan digaris bawahi perlu kedewasaan diri untuk mengambil manfaat kemudahan internet saat ini, bentengi diri dengan iman dan taqwa agar terhindar dari kemudharatan yang menyertai mudahnya mengakses internet, pameo mulutmu harimaumu sekarang sudah berganti “jarimu adalah harimaumu” jangan mudah menyebarkan hoax, saring sebelum sharing, papar Aiptu Sutopo mengakhiri materinya.

Dalam sesi tanya jawab banyak diantara siswa yang menanyakan tentang berbagai kasus yang terjerat kasus UU IT, termasuk bagaimana Kepolisian dapat mengungkap dan membuktikan unsur pidananya, yang kemudian dapat dijelaskan secara gamblang dan mudah dimengerti oleh siswa oleh pemateri.

Drs. Joko Anis Suwantoro M.Pdl Kepala Sekolah SMK Diponegoro Salatiga memberikan apresiasinya atas pendidikan karakter bagi siswanya agar lebih bijak dalam bermedia sosial dan berharap kejasama tersebut terus terjalin pada kesempatan lain, baik terhadap siswa baru maupun nantinya pada kesempatan lain, ungkapnya.

Pada kesempatan lain Kapolres Salatiga menyambut baik terobosan yang dilaksanakan oleh SMK Diponegoro yang menyelenggakan kegiatan pendidikan karajter bagi siswanya agar bijak dalam bermedia sosial untuk menghadapi era millenial saat ini, dimana internet sudah merupakan kebutuhan agar terhindar dari jerat hukum, tandas AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi.

(Humas Polres Salatiga Polda Jateng)