Sel. Okt 19th, 2021

Kapolres Salatiga Tegaskan Penindakan Secara Humanis Edukatif, Saat Pimpin Latpraops Patuh Candi 2021,

Polres Salatiga – Dalam rangka menyongsong Operasi Patuh Candi 2021 yang dimulai tanggal 20 September hingga 3 Oktober 2021, Kapolres Salatiga memimpin Latpraops (Latihan Pra Operasi) di Pendopo Polres Salatiga, Senin 20/09/2021.

Latpraops dilaksanakan selesai apel gelar pasukan juga dihadiri Jajaran Forkopimda antara lain Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM, Dandim 0713 Letkol Inf Loka Jaya Sembada SIP, Dandenpom IV/3 Letkol CPM Singgih P, Kajari Salatiga Moch Riza Wisnu Wardhana, SH MH, Kepala Dishub Salatiga M. Sidqon Effendi, Kasatpol PP Drs. Joko Haryono dengan peserta apel dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Salatiga.

Dalam sambutanya Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana, S.H, S.I.K, M.Si. menegaskan bahwa Operasi dengan Tema “Melalui Operasi Patuh Candi 2021, Kita Tingkatkan Disiplin Protokol Kesehatan Dan Tertib Berlalu Lintas, Dalam Rangka Mencegah Penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19) Serta Mewujudkan Kamseltibcarlantas Yang Mantab Diwilayah Hukum Polres Salatiga”.

“Pada Operasi Patuh Candi 2021 ini mengedepankan tindakan preemtif dan preventif, dan seminimal mungkin melaksanakan tindakan penilangan, kita utamakan meningkatkan kepatuhan masyarakat terkait protokol kesehatan, neski tanpa ada tindakan penilangan, ia berharap masyarakat tetap patuh terhadap peraturan lalu lintas, teguran tetap akan diberikan kepada pelanggar lalu lintas, namun petugas yang melakukan teguran dengan humanis dan bersifat edukasi, tegas AKBP Indra Mardiana, S.H, S.I.K, M.Si.

Pada Operasi Patuh Candi tahun ini diprioritaskan kegiatan simpatik dalam rangka percepatan penanganan Covid-19, meliputi kegiatan edukasi protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas berupa baksos, bagi masker, serta pemasangan stiker himbauan protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas, tutup Kapolres Salatiga yang selanjutnya Latpraops dipimpin oleh Wakapolres Salatiga Kompol Eko Kurniawan SH.

“Latpraops dilanjutkan dengan paparan dari masing-masing Kasatgas yaitu Kasatgans Lidik AKP Santosa SH (Kasat Intelkam), dilanjutkan Kasatgas Preemtif AKP Ririh Widiastuti SH MH, dan Kasatgas Preventif AKP Sopian Rahmadiyanto SIK.

Adapun penegasan Wakapolres Salatiga agar seluruh personil yang terlibat agar melaksanaan tugas Operasi Patuh Candi 2021 ini dengan penuh tanggung jawab, serta bertindak secara humanis dan selalu bersinergi dengan instansi terkait.

“Dalam setiap pelaksanakan operasi senantiasa bersinergi dengan seluruh instansi terkait dan kedepankan tindakan humanis edukatif, ciptakan rasa simpatik masyarakat terhadap citra Polri, dan bantu upaya pemerintah dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, pesan Kompol Eko Kurniawan SH.

( Humas Polres Salatiga Polda Jateng )