Sel. Sep 21st, 2021

Polres Salatiga Laksanakan Gelar Pasukan Dalam Rangka Pengamanan Menghadapi Pemilu 2019

Polres Salatiga – Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi didampingi Kasdim Mayor Kav Burhanudin ST menjadi Inspektur Upacara Gelar pasukan dalam rangka Pengamanan Menghadapi Pemilu 2019 dengan tema “Tingkatkan Sinergitas TNI-Polri Dengan Komponen Bangsa Lainnya Guna Mewujudkan kamdagri Yang Kondusif” di Lapangan Bhayangkara Polres Salatiga, pada hari Jumat tanggal 22/03/2019.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Walikota Salatiga diwakili Sekda Drs Fakhrurozi, Danrem diwakili Kasiop Letkol Inf Loka Jaya, Ketua Pengadilan Negeri Hj Widiarti SH MH, Wakil Ketua DPRD Hj Riawan Woro, Komisioner KPU Abdul Rokhim, Ketua Bawaslu AGusng Ari Mursito, Ketua FKUB KH Noor Rofiq, dan Perwakilan Parpol Se Kota Salatiga, dengan peserta apel dari Denpom, TNI, Polri, ASN, Dishub, Satpol PP, Senkom, Organisasi Kemasyarakat dan Saka Bhayangkara serta Kendaraan Operasional Polri baik roda dua maupun roda empat.

Amanat yang dibacakan Kasdim membacakan amanat dari Menkopulhukan yang intinya Pemilu serentak tahun 2019 merupakan pesta demokrasi Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah karena diselenggarakan secara serentak, Sukses atau tidaknya perhelatan demokrasi ini sangat tergantung kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung, Tidak hanya anggota Partai yang dituntut untuk taat dan patuh pada ketentuan, akan tetapi KPU, Bawaslu dan DKPP wajib menunjukkan kinerja yang baik, Pemilu 2019 merupakan kesempatan bagi rakyat Indonesia untuk memilih calon anggota Legislatif yang akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan sekaligus sarana untuk memilih pemimpin Nasional guna mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia, Kita ketahui bersama bahwa masih terdapat ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan dalam Pemilu tahun 2019, yang meliputi sisi penyelenggaraaan dan sisi keamanan, Oleh karena itu saya mengajak seluruh stake holders terkait untuk segera mengenali, menemukan, dan menetralisir serta mengatasi hambatan-hambatan yang ada.

Apel gelar pasukan ini dalam bentuk satuan tugas, ada satuan tugas TNI, satgas Preemtive, satgas Prefentive, satgas gakhumbu, satgas pam vip, sekaligus ada satgas anti black campign.
Diawali dengan penyematan pita kepada perwakilan peserta apel gelar pasukan oleh Kapolres Salatiga dan Kasdim, sebagai pelaksanaan Pengamanan Pemilu 2019.

Selanjutnya dibacakan ikrar netralitas TNI, Polri dan ASN serta ikrar peserta pemilu damai 2019.

Dihadapan awak media selesai pelaksanaan gelar Pasukan Kapolres Salatiga dalam wawancarannya menegaskan bahwa TNI dan Polri serta ASN harus netral “Harus Netral, harus Adil, harus Profesional,” jelas AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi untuk mencapai kedamaian dalam Pelaksanaan Pemilu 2019.

“Petugas pengamanannya TNI dan Polri harus Netral, Undang-undang TNI dan Polri sudah mengamanahkan itu, kita harus netral, tidak boleh memihak, kita berikan pengamanan yang sama kepada para calon pasangan, kita beri pengamanan yang sama,” tegas Kapolres.

“Oleh karenanya kita semua harus memberikan penguatan, pendampingan, pengamanan kepada segenap penyelenggara pemilu baik KPU maupun bawaslu, baik personilnya, kegiatanya, maupun kantor-kantornya,” imbuh Kapolres.

Diharapkan juga peran serta para tokoh masyarakat, alim ulama, tokoh agama, kiranya juga berkontribusi untuk memberikan suasana yang mendinginkan situasi, yang bisa memberikan tausiah-tausiahnya, himbauan-himbauan pada warga masyarakat untuk pemilu ini bisa terselenggara dengan aman dan damai, harap Kapolres.

Kegiatan diakhiri dengan show of force dengan menggunakan kendaraan dinas baik dari Polri, TNI maupun Satpol PP dengan mengelilingi Kota Salatiga

(Humas Polres Salatiga Polda Jateng)