Kam. Sep 23rd, 2021

Panit Binmas Polsek Tingkir Mediasi Kenakalan Remaja Pelajar SMP Negeri 8 Salatiga

Polres Salatiga – “Sekali Dayung Satu Dua Pulau Terlampaui ” itulah yang dilakukan oleh Panit Binmas Polsek Tingkir Iptu Ririh Widyastuti, SH, MH yang didampingi beberapa anggota Polsek Tingkir di SMP Negeri 8 Salatiga, Senin ( 26 / 08 / 2019 ), setelah bertindak sebagai inspektur upacara dilanjutnya penyuluhan tentang kenakalan remaja di setiap kelas dan menyelesaikan 2 ( dua) kasus permasalahan kenakalan remaja perkelahian pelajar siswa secara kekeluargaan.

Dengan didampingi Guru BK SMP Negeri 8 Drs. Wiyono dan Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan Sri Resminiati, SPd, Iptu Ririh Widyastuti,SH,MH dan anggota menyelesaikan permasalahan perkelahian pelajar yang terjadi Rabu ( 14 / 08 / 2019 ) , antara Aurellya Vanya Putri Anindra siswi kelas IX dan Andini Aprilia Orlando siswi Kelas VIII E, yang terjadi karena teguran terkait masalah pacaran.

Permasalahan perkelahian pelajar yang terjadi Senin ( 26 / 08 / 2019 ), antara Satria Yoggy Ananta siswa Kelas VII D dan Putra Giota Kapindo Siswa Kelas VII D yang terjadi karena keisengan menendang kaki setelah selesai kegiatan upacara.

Terhadap siswa – siswa yang terlibat perkelahian tersebut selanjutnya dipanggil oleh Iptu Ririh Widyastuti, SH, MH dan pihak sekolah keruang BP untuk selanjutnya diberi masukkan dan pengertian terkait permasalahan yang terjadi, merupakan pelanggaran hukum dan bisa ditindak oleh aparat Kepolisian, sehingga siswa yang terlibat menyadari akan kesalahannya untuk selanjutnya membuat pernyataan diatas kertas saling memafkan dan tidak saling menuntut (masalah selesai secara kekeluargaan).

Sudah menjadi tugas kami untuk menyelesaikan permasalahan sekecil apapun yang terjadi di masyarakat agar tidak berkebang sehingga terjadi gejolak, pernyataan Iptu Ririh Widyastuti saat Guru BP SMP Negeri 8 Salatiga menyampaikan terima kasih atas terselesaikannya permasalahan yang terjadi secara kekeluargaan dengan mediasi.

Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, SE. MSi melalui Kapolsek Tingkir menyatakan dukungannya atas inisiatif positif anggota menyelesaikan permasalahan para pelajar di wilayah, yang mempunyai dampak sangat positif bagi terciptanya kedekatan antara aparat Kepolisian dengan masyarakat sejak dini, Kompol Edi Suharyanta menjelaskan.

(Humas Polres Salatiga Polda Jateng)