Kam. Okt 21st, 2021

Penelitian Efektifitas Bhabinkamtibmas Dalam Pendampingan Dana Desa Oleh Tim Peneliti STIK Di Polres Salatiga

Polres Salatiga – Kamis 27/06/2019, bertempat di Pendopo Polres Salatiga telah berlangsung kegiatan Pengisian Kuisioner dengan tema “Efektifitas Bhabinkamtibmas Dalam Pendampingan Penggunaan Dana Desa” yang dilaksanakan oleh Peneliti dari STIK (Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian) yang dipimpin oleh Brigjen Pol Drs Viktor G Manopo NH Wakil kketua Bid. PPITK dengan anggota Kombes Pol Drs Bambang Wiji Pujohadi Gabagren Polmas Bid PPITK, Kombes Pol Hari Santoso, SIK, Kombes Pol Kota, AKBP Samsuri, Prof Dr Khoiru, Prof Dr Irwan yang didampingi Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi bersama seluruh Pejabat Utama (PJU) Polres Salatiga dan Jajaran Bhabinkamtipmas.

Dalam kegiatan tersebut juga diisi dengan dialog antara Tim Peneliti yaitu Prof DR. Choirul dengan para Bhabinkamtibmas yang intinya Apakah di Kota Salatiga ada peran Bhabinkamtibmas dalam pengelolaan dana Desa karna kedepan Bhabinkamtibmas akan dijadikan ujung tombak dalam pelaksanaan preemtive dalam pengelolaan dana desa atau kelurahan, dan Efektifitas Bhabinkamtibmas diharapkan mampu dan mempunyai kompetensi dalam melaksanakan deteksi dini di setiap lingkungan kerjanya kemudian Apakah Bhabinkamtibmas sudah diberikan pelatihan khusus untuk melaksanakan deteksi dini dan Apakah di Polres Salatiga saat ini sudah terjalin hubungan antar Fungsi Bahabinkamtibmas dengan Fungsi lainnya.

Atas berbagai pertanyaan tersebut Aipda Hermadi Bhabinkamtibmas Kalicacing menyampaikan bahwa untuk dana Kelurahan di Kota Salatiga baru tahun ini di salurkan dengan besaran rata-rata Rp. 350.000.000 dan Bhabinkamtibmas ikut serta dalam memberikan saran kepada tim pengelola (LPMK) dana desa agar dana kelurahan tersebut digunakan untuk pembangunan atau perbaikan fisik di wilayah Kelurahan.

Adapun Aiptu Sukartono Bhabinkamtibmas Kel. Blotongan menyampaikan bahwa Personil Bhabinkamtibmas selalu bersinergi dengan instansi maupun masyarakat di lingkungan kelurahan sehingga informasi yang ada ditengah masyarakat dapat diserap, berkaitan dengan dana kelurahan digunakan dengan sistim swakelola yg dilaksanakan langsung oleh masyarakat (LPMK).
Selanjutnya Bripka Rediyanto Bhabinkamtibmas Kalibening menyatakan bahwa setiap bulan satu kali dilaksanakan kegiatan FKPM yang dihadiri oleh Pihak Kelurahan, masyarakat dan Pemerintah Kota Salatiga dalam kesempatan tersebut banyak dibahas berbagai permasalahan termasuk adanya dana kelurahan untuk dimusyawarahkan bersama demi kepentingan masyarakat.

Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono SE. MSi dalam kesempatan tersebut memberikan penjelasan peran terpenting jajaran Bhabinkamtibmas dalam mengawal dana desa agar tidak terjadi penyalahgunaan pengelolaan dana desa, untuk itu doharapkan senantiasa memberikan pendampingan dan pemantauan setiap penggunaan dana desa sehingga dapat tepat guna dan sasaran sesuai hasil musyawarah di wilayah binaannya, tegas Kapolres.

(Humas Polres Salatiga Polda Jateng)