Sel. Sep 21st, 2021

TKJ, Wajib Bagi Anggota Polres Salatiga

Polres Salatiga – Guna mengetahui kondisi kesehatan dan stamina serta kebugaran anggotanya, Polres Salatiga menggelar Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ), di Lapangan Kridanggo Salatiga, mulai hari Selasa hingga Kamis 28/03/2019.

Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi melalui Kabag Sumda Kompol Taufik Oktavianto SH MH, menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai sarana untuk mengukur kemampuan fisik seluruh Anggota Polres Salatiga, apalagi saat ini menghadapi tugas berat mengawal Pesta Demokrasi Pemilu 2019 sehingga dibutuhkan stamina yang prima.

“Tes ini digelar secara berkala setahun dua kali, adapun pesertanya seluruh Personel Polres Salatiga baik Polri maupun ASN,” jelas Kabag Sumda.

Adapun yang dites antara lain lari selama dua belas menit, push up, sit up, pul up, dan suttle run, berdasarkan kategori umur, tes kesamaptaan ini digolongkan menjadi 4 golongan, Golongan I usia 18 sampai 30, Golongan II usia 31 sampai 40, Golongan III usia 41 sampai 50 tahun dan yang terakhir Golongan IV usia 51 sampai 58 tahun, penggolongan berdasarkan usia ini berkaitan dengan penilaian dan perlakuan tes kesamaptaan jasmani, bagi yang golongan IV hanya jalan kaki selama 20 menit.

Selain TKJ juga dilaksanakan pengambilan data masa tubuh bagi anggota meliputi tinggi badan dan berat badan, dan apabila tidak proporsional atau over weight akan dilaksanakan pembinaan dengan Program Pengendalian Berat Badan (PBB) yaitu dengan lari siang bersama setiap hari Selasa dan Jum’at, terang Kompol Taufik Ontavianto SH MH.

Ditempat terpisah Kapolres Salatiga menegaskan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan seluruh Anggotanya memiliki tubuh yang proporsional dan fit sehingga dalam memberikan perlindungan, pangayoman dan pelayanan kepada masyarakat dapat maksimal, utamanya dalam menghadapi pengamanan Pemilu 2019, tegas AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi.

( Humas Polres Salatiga Polda Jateng )