Sel. Sep 21st, 2021

Asah Kemampuan Menembak, Polres Salatiga Rutin Gelar Latihan Menembak

Polres Salatiga – Salah satu upaya mengasah kemampuan, sebanyak 161 Personel Sabhara Polres Salatiga dan Jajaran Polsek melaksanakan latihan menembak di Lapangan Tembak Pusdik Binmas Banyubiru, pada hari Selasa 27/08/2019.

Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi pada kesempatan sebelumnya menyatakan bahwa latihan menembak dalam rangka mengasah kemampuan seluruh jajarannya terutama anggota yang melaksanakan tugas penjagaan, selain itu guna antisipasi adanya kesalahan prosedur dalam menggunakan senjata api.

Kegiatan yang dipimpin Kasat Sabhara AKP Hari Slamet Trianto S.Sos menyatakan bahwa “Latihan menembak ini rutin dilaksanakan, minimal satu tahun dua kali dengan tujuan menjadikan personel Polres Salatiga mahir dan lincah dalam menembak,, adapun senjata yang digunakan dalam latihan adalah senjata api V2 yang merupakan senjata api dinas Polri.

“Kepada para personel kepolisian harus senantiasa mengasah keahlian menembak dengan senjata api laras pendek ataupun laras pajang, tuturnya.

Selesai Kegiatan Kapolres Salatiga yang ditemui dikantornya mengemukakan semua anggota Polri yang dipercaya memegang senjata api harus memiliki kualifikasi mahir menembak, juga lebih bersikap bijaksana dan berjiwa matang dalam menyikapi amanah yang diberikan, harus berjiwa matang hal tersebut dibuktikan dengan lulus ujian psikotes. “Jangan sampai terjadi salah tembak atau menembak diri sendiri, karena kurang pengendalian dalam mengontrol emosi diri, akibat permasalah pribadi maupun dinas, jelas AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi.

Dengan latihan rutin menembak diharapkan personel yang sudah mempunyai izin pinjam pakai senjata api lebih bisa menguasai cara penggunaan senjata, mulai dari penguasaan teknik menembak secara benar, sampai bagaimana cara mengatur emosi diri ketika mulai mencabut senjata.

“Yang terpenting ketika dilapangan dan berhadapan langsung pelaku kejahatan, anggota dapat lebih terampil dalam mengambil tindakan menembak sesuai dengan sasaran, untuk melumpuhkan, bukan mematikan.

Itu semua hanya dapat diwujudkan dengan berlatih dan berlatih, agar ketika menembak dapat tepat sasaran, karena pada dasarnya pada saat menembak harus mengatur ritme pernafasan untuk mengendalikan diri sehingga tepat sasaran” tutup Kapolres.

(Humas Polres Salatiga Polda Jateng)