Sen. Nov 29th, 2021

Kanit Binmas Polsek Tingkir, Himbau Petani Sabar Karena Banyaknya Hama

Polres Salatiga – Perkembangan musim penghujan saat ini memberikan dampak buruk bagi para petani di wilayah, karena kwalitas hasil panen padi mengalami penurunan khususnya padi C-4 karena padi menjadi ” gabuk ” atau tidak isi sehingga harga menjadi turun, penjelasan dari Mbah Tono salah seorang petani di wilayah Tingkir Tengah.

Penjelasan tersebut disampaikan para petani kepada Kanit Bimas Polsek Tingkir Polres Salatiga Polda Jateng Iptu Ririh Widyastuti yang melakukan sambang ke kewilayahan untuk memberikan arahan dan himbauan Kamtibmas, Kamis ( 16 / 01 / 2020 ).

Mendengar dan mengetahui penjelasan yang disampaikan petani, Iptu Ririh Widyastuti berkenan melihat langsung tanaman padi para petani yang sudah memasuki masa panen di pesawahan wilayah Tingkir Tengah dan diketahui ternyata benar padi tersebut banyak yang “gabuk “, Iptu Ririh Widyastuti kemudian memberikan himbauan agar petani sabar mengingat musim penghujan yang terjadi saat ini adalah fenomena alam yang tidak bisa ditolak karena kehendak dari Yang Maha Kuasa, disarankan kepada para petani untuk berkoordinasi dengan dinas pertanian Kota Salatiga guna mencari solusi mengantisipasi permasalahan tersebut.

Kepada petani juga dihimbau untuk tetap merawat padinya dengan baik sehingga persoalan menurunnya kwalitas hasil panen tidak semakin menjadi dan menambah berat beban para petani.

Mbah Tono menyambut baik arahan dan himbauan yang disampaikan Iptu Ririh Widyastuti, dengan menyatakan terima kasih dan kebersediaan untuk melaksanakannya, disadarinya sebagai petani Mbah Tono harus tetap bersyukur karena masih bisa panen padi bebas dari hama dan penyakit khususnya tikus sawah.

Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, SE. MSi melalui Kapolsek Tingkir sangat mendukung inisiatif anggotannya tersebut yang mau dan mampu memberi himbauan maupun solusi terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat tingkat bawah, diharapkan untuk terus dilakukan kedepannya guna menciptakan kedekatan dengan masyarakat, Kompol Parwanto, SH, MH menjelaskan.

(Humas Polres Salatiga Polda Jateng)