Ming. Des 5th, 2021

Tips Hindari Penculikan Anak, Dari Kanit Binmas Polsek Tingkir

Polres Salatiga – Berbagai upaya dilaksanakan Jajaran Polres Salatiga Polda Jateng untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat, salah satunya seperti yang dilaksanakan oleh Kanit Binmas Polsek Tingkir Iptu Ririh Wiyastuti SH MH. dengan melaksanakan Sosialisasi Program Keamanan dan Ketertiban Sekolah dihadapan Orang Tua Siswa SDN 01 Ngentak Kel Tingkir Lor Kec Tingkir Kota Salatiga, pada hari Sabtu tanggal 15/02/2020.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala sekolah SDN 01 Muhamad Rohani. S.Pd, Bhabinkamtibmas Aiptu Pujo Wasono. S. Ag, Para Guru dan Orang Tua Wali murid dari kelas 1-6 sekitar 160 orang.

Dalam sosialisasinya tentang keamanan dan sekolah, Iptu Ririh Widyastuti SH MH pertama menyampaikan terimakasih kepada Pihak Sekolah yang telah menyediakan tempat dan waktu, serta kepada orang tua wali murid yang berkesempatan hadir pada kegiatan yang sangat baik ini, juga permohonan maaf karena sedianya Bapak Kapolsek sendiri yang akan hadir namun ada tugas lain yang tidak dapat diwakilkan sehingga memerintahkan saya untuk menyampaikan Sosialisasi tentang keamanan dan ketertiban dilingkungan sekolah dan masyarakat.

Saya sampaikan bahwa keamanan dan ketertiban ini adalah tanggung jawab kita semua, mari kita sama-sama jaga keamanan bersama, sampai saat sekarang baik di Polres Salatiga maupun Polsek Tingkir belum ada laporan atau kejadian penculikan terhadap anak, namun demikian banyak berita di media sosial yang memberitakan tentang kejadian penculikan anak, hal ini tentunya menimbulkan keresahan di masyarakat dan memang perlu kita waspadai bersama.

Untuk menghindari kejadian tersebut beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh Orang Tua Wali Murid, antara lain :

  1. Pastikan anak berangkat dan pulang dengan siapa.
  2. Pastikan anak dijemput oleh siapa.
  3. Anak jangan mudah percaya kepada orang yang belum dikenal.
  4. Anak jangan tergiur oleh iming dari orang yang tidak dikenal.
  5. Bekali anak dengan beladiri.

Dan tidak kalah pentingnya adalah pengawasan dari orang tua dan guru saat disekolah, jelas Iptu Ririh Widyastuti SH MH

Selain itu Polri juga akan lebih mengintensifkan patroli sambang ke sekolah serta memberdayakan peran Bhabinkamtibmas di kewilayahan, untuk wilayah Tingkir Lor bisa mengontak Aiptu Pujo Wasono S.Ag apabila ada keluhan kerawanan kamtibmas apapun, lebih lanjut diharapkan warga bisa mendownload Aplikasi Jogo Wargo Jogo Negoro yang sangat banyak sekali manfaatnya, bisa berhubungan cepat dengan aparat kepolisian terdekat sehingga apabila ada tidak kriminalitas bisa segera ditindak lanjuti, dengan sekali pencet tombol panic button pasti polisis akan segera datang membantu, tambahnya.

Kepala Sekolah Muhammad Rohani S.Pd mengucapkan banyak terimakasih atas bimbingan dan arahan yang disampaikan dan berharap dengan penjelasan langsung yang disampaikan aparat keamanan menepis rumor yang berkembang bahwa banyak terjadi kasus penculikan, namun kita semua tetap harus lebih waspada dan memberikan pengawasan yang lebih terhadap anak-anak, ketika disekolah kami yang mengawasi ketika dirumah silahkan keluarga yang mengawasi tidak hanya terkait dengan keamanan namun juga terhadap proses belajar dan beribadah, ungkapnya.

Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi melalui Kapolsek Tingkir menyampaikan bahwa memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat merupakan tugas pokok polri, sehingga setiap ada permasalahan kamtibmas harus segera bertindak untuk menetralisir dan meminimalisir dampak yang terjadi, seperti saat ini marak isu terkait penculikan anak kita mengambil langkah preemtif dengan patroli sambang dan dialogis serta memberikan sosiasilisasi kepada masyarakat, sehingga terwujud sinergitas kemitraan mewujudkan situasi yang aman dan kondusif, jelas Kompol Parwanto SH MH.

(Humas Polres Salatiga Polda Jateng)